Jumat, 09 Oktober 2009

LAPORAN AHIR KKN DI MAIBIT

LAPORAN AKHIR
KULIAH KERJA NYATA ( KKN ) KELOMPOK I
MAHASISWA S1 PG PAUD UNIROW TUBAN
TAHUN AKADEMIK 2009 / 2010





PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
DI DESA MAIBIT KECAMATAN RENGEL
KABUPATEN TUBAN

Di susun oleh :


1. LILK SULIKATIN ( PG PAUD ) 7. SITI AMINAH ( PG PAUD )
2. SOKHIKHATUZ ZAHRO ( PG PAUD ) 8. SUMIYATUN ( PG PAUD )
3. NUR AENI ( PG PAUD ) 9. ZULFATIN NI’AMAH( PG PAUD )
4. S U N A R T I (A) ( PG PAUD ) 10. SITI MUFIDAH ( PG PAUD )
5. NASRIPAH ( PG PAUD ) 11. S U G I A T I ( PG PAUD )
6. S U N A R T I (B) ( PG PAUD )


KATA PENGANTAR




Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa atas segala ni’matNya sehingga penulis menyelesaikan penyusunan hasil laporan akhir Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Maha Siswa Unirow Tuban Tahun Akademik 2009/2010 dengan judul

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI
PENDIDIKAN DAN KESEHATAN
DI DESA MAIBIT KECAMATAN RENGEL KEBUPATEN TUBAN

Penyusunan laporan ini adalah dalam rangka penyelesaian laporan akhir ya’ni untuk diajukan dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan guna menyelesaikan Pendidikan Program Strata satu ( S 1 ) di PG PAUD UNIROW Tuban.
Pada kesempatan ini pula kiranya patut untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan ikut andil dalam penyelesaian laporan akhir KKN ini, diantaranya disampaikan kepada yang terhormat. :

1. Drs. Hadi Tugur, M.Pd. MM. Selaku Rektor Universitas PGRI Ronggo Lawe Tuban
2. Drs. Agus Wardono, MPd.. Selaku Dosen Pembimbing
3. Drs. Zainuri, Selaku Penanggung jawab Program
4. Semua Dosen dan Tutor yang telah membimbing selama kuliah berlangsung.
5. H. Riyadi selaku Kepala desa Maibit beserta perangkat Pemerintah desa Maibit
6. Semua pihak yang telah membantu penyelesaian laporan akhir ini.





DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
DAFTAR LAMPIRAN iii

BAB I : PENDAHULUAN
I-1. Latar belakang dari pokok permasalahan 1
I-2 . Maksud , Tujuan Dan Manfa’at KKN 2
I-3. W a k t u 6
I-4. L o k a s I 6

IDENTIFIKASI LOKASI KULIAH KERJA NYATA 7
II-1. Lokasi Desa 7
II-2. Data umum Desa 8

BAB II : RENCANA DAN REALISASI PROGRAM KEGIATAN

A. Rencana Program Kegiatan 11

B. Realisasi Program Kegiatan 12

1. Bidang Pendidikan 12

2. Bidang pengabdian Masyarakat 13


BAB III : P E N U T U P 15

A. Kesimpulan 16

B. Rekomendasi 16



LAMPIRAN – LAMPIRAN :

A. Biodata peserta KKN Kelompok I 17

B. Foto-foto Kegiatan 20

BERITA ACARA SERAH TERIMA
LAPORAN HASIL KULIAH KERJA NYATA ( KKN )
KELOMPOK I
MAHASISWA S1 PG PAUD UNIROW TUBAN
TAHUN AKADEMIK 2009 / 2010

Pada hari ini ………………….tanggal ……. Bulan …………..……Tahun 2009
telah diserahkan satu bundle laporan akhir kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) KELOMPOK I MAHASISWA S1 PG PAUD UNIROW TUBAN
TAHUN AKADEMIK 2009 / 2010

Nama : Lilik Sulikatin
Jabatan : Ketua Kelompok
Lokasi KKN : Desa Maibit Kec. Rengel. Kab. Tuban
Tanggal pelaksanaan : 01Agustus 2009 s/d 17 Agustus 2009

Kepada :
Nama : Drs. Agus Wardono, MPd
Jabatan : Dosen Pembimbing

Untuk disetujui dan disahkan, Yang kemudian untuk diserahkan kepada Ketua Panitia Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (PP-KKN) UNIVERSITAS RONGGO LAWE Tuban Tahun Akdemik 2009 / 2010
Demikian berita acara ini dibuat agar yang berkepntingan menjadi
maklum adanya,

Tuban, ……………………….2009

Dosen Pembimbing Ketua Kelompok



( Drs. Agus Wardono, MPd ) ( Lilik Sulikatin )

iv

PEMERINTAH KABUPATEN TUBAN KECAMATAN RENGEL DESAMAIBIT

SURAT KETERANGAN
Nomor. ……………………………

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kami Kepala Desa Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa MAHASISWA S1 PG PAUD UNIROW TUBAN TAHUN AKADEMIK 2009 / 2010 telah melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat dengan melaksanakan beberapa kegiatan sesuai dengan program kegiatan yang telahah dirumuskan, adapun kegiatan KKN tersebut telah dilaksanakan pada :
Tanggal : 01Agustus 2009 s/d 17 Agustus 2009
Tempat : Desa Maibit, Kec. Rengel, Kab. Tuban
Demikian surat keterangan ini kami buat, untuk digunakan seperlunya dan kami berharap semoga kegiatan yang telah dilaksanakan di desa Maibit ini membawa manfaat pada masyarakat Desa Maibit.
Maibit, 30 Agustus 2009
Kepala Desa


( H. R I Y A D I )

iv
BAB I
PENDAHULUAN

I-1. LATAR BELAKANG DARI POKOK PERMASALAHAN

Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) UNIROW Tuban, Tahun 2009 didasarkan pada Undang Undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang Undang No.22 1961 dengan konsep Tridharma-nya, yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Undang Undang ini dijabarkan lebih lanjut menjadi Peraturan Pemerintah No. 5 tahun 1980 yang diikuti dengan peraturan lain yang lebih mudah. Untuk memenuhi perkembangan zaman, maka diterbitkan Undang Undang No.2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagai pengganti Undang Undang No. 22
tahun 1961.
Secara eksplisit istilah Tridharma pada Undang Undang tersebut tidak tercantum, namun istilah Tridharma hanya tercantum pada penjelasan pasal 22 ayat 1 yang berbunyi “Pengembangan Perguruan Tinggi diarahkan pada kemampuan menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, yaitu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi”. Petunjuk Pelaksanaan
operasional Undang Undang No.2 tahun 1989 tersebut diikuti oleh peraturan yang lebih rendah, yaitu Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.


1
Salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat ialah Kuliah Kerja Nyata yang selanjutnya lebih populer dengan sebutan KKN.
KKN merupakan bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bersifat khusus, karena dalam Kuliah Kerja Nyata yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan Ilmu, dan Pengabdian Kepada Masyarakat diterapkan secara bersamaan pada kegiatannya yang melibatkan sejumlah mahasiswa dalam kampus dan unsur masyarakat diluar kampus.
Kuliah Kerja Nyata apabila ditangani dengan baik dapat menjadi ujung tombak yang handal dari Perguruan Tinggi sebagai partisipasi aktif Perguruan Tinggi khususnya pada mahasiswa dalam Pembangunan Nasional.

I-2 . MAKSUD , TUJUAN DAN MANFA’AT KKN

A. Program Kuliah Kerja Nyata dimaksudkan agar:
1. Mahasiswa memperoleh pengalaman (melalui keterlibatan dengan masyarakat binaan secara langsung), dalam menemukan, merumuskan, memecahkan, dan menanggulanggi permasalahan pembangunan dilaksanakan secara pragmatis dan interdisipliner.
2. Mahasiswa dapat menyumbangkan pemikiran berdasarkan ilmu, tehnologi dan seni dalam upaya menumbuhkan, membina dan mempercepat dilaksanakan dengan mempersiapkan kader-kader pembangunan dan pemberdayaan masyarakat binaan.



2
B. Tujuan utama KKN diarahkan kepada 3 aspek utama yaitu meliputi pengembangan kepribadian mahasiswa, pengembangan kelembagaan dan pengembangan masyarakat :
1. Agar perguruan tinggi menghasilkan sarjana sebagai penerus pembangunan yang lebih menghayati permasalah yang sangat kompleks yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan dan belajar menanggulangi permasalahan tersebut secara pragmatis dan interdisipliner. Hal ini erat kaitannya dengan pengembangan kepribadian mahasiswa (personality development).
2. Untuk lebih mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat, dan lebih menyesuaikan keberadaan pendidikan tinggi kepada tuntutan pembangunan (institutional development). Pengalaman mahasiswa selama mengikuti KKN membawa pemahaman tentang kekurangan yang ada pada dirinya yang seharusnya diisi oleh perguruan tinggi dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan pengalaman tersebut para mahasiswa melalui Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dapat mengajukan saran-saran konkrit yang perlu diperhatikan oleh Universitas dalam upaya untuk meningkatkan relevansi keberadaan Perguruan Tinggi dengan kebutuhan masyarakat.
3. Membantu pemerintah dalam percepatan laju pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pembangunan di pedesaan (community development).



3
C. Sasaran dan manfaat KKN mempunyai 3 (tiga) manfaat, yaitu :
1. Mahasiswa
a. Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang:
i. Cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner dan lintas sektoral.
ii. Kegunaan hasil pendidikannya bagi pembangunan umumnya dan daerah pedesaan khususnya.
iii. Kesulitan yang dihadapi masyarakat desa dalam pembangunan.
iv. Konteks keseluruhan dari masalah pembangunan dan pengembangan daerah pedesaan.
b. Mendewasakan alam fikiran mahasiswa untuk melaksanakan penelaahan dan pemecahan masalah yang ada dalam masyarakat secara pragmatis ilmiah.
c. Meberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa.
d. Membina mahasiswa untuk menjadi seorang “transformer, change agent, motivator, dinamisator, fasilitator dan problem solver”.
e. Memberikan pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai kader pembangunan disamping diharapkan terbentuknya sikap dan rasa cinta serta tanggung jawab terhadap kemajuan masyarakat pedesaan.
f. Membuka wawasan para mahasiswa, sehingga mereka mengetahui secara teknis permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pelaku ekonomi kecil yang kadang kala tidak terdapat dalam teori.




4

2. Perguruan Tinggi
a. Perguruan Tinggi tidak akan lebih mantap dalam pengisian ilmu dan pendidikan kepada mahasiswa, dengan adanya umpan balik sebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat, sehingga kurikulum perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan.
b. Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang berharga, yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan.
c. Mempererat dan meningkatkan kemitraan antara perguruan tinggi dengan instansi-instansi atau departemen-departemen lainnya dalam pelaksanaan pembangunan.
3. Masyarakat.
a. Memperoleh tenaga dan pemikiran untuk merencanakan serta melaksanakan pembangunan. Desa.
b. Meningkatkan cara berfikir, bersikap dan bertindak sehingga siap menerima dan berpartisipasi dalam program pembangunan. Desa .
c. Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan dan melaksanakan pembangunan. Desa.
d. Terbentuknya kader-kader pembangunan di dalam masyarakat, sehingga mendorong kesinambungan pembangunan. Desa.





5

I-3. W A K T U
Waktu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Mahasiswa S1 PG PAUD Kelompok Belajar Kec. Rengel UNIROW Tuban Tahun Akademik 2009 / 2010, dimulai sejak Tanggal 1 s/d 17 Bulan Agustus Tahun 2009 .

I-4. L O KA S I
Adapun lokasi Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Mahasiswa S1 PG PAUD Kelompok Belajar Kec. Rengel UNIROW TUBAN Tahun Akademik 2009 / 2010 di tempatkan pada satu lokasi yaitu di wilayah kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, dan kebetulan kelompok kami, ya’ni kelompok I kegiatanya berada di Desa Maibit Kec. Rengel Kab. Tuban














6
IDENTIFIKASI LOKASI KULIAH KERJA NYATA

II-1.Lokasi Desa
Secara geografis Desa Maibit terletak di wilayah barat Kecamatan Rengel berbatasan dengan Desa Pekuwon, Desa Bulu Rejo dan Desa Sawahan. Desa Maibit terbagi menjadi dua dusun yaitu dusun Maibit Wetan dan dusun Maibit Kulon.











7
II.-2 Data Umum Desa

Data umum Desa Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban

1. Jarak ke Kecamatan : 3 Km.
2. Luas Wilayah : 5 Ha
3. Jumlah dusun ; 2 dusun
a. Dusun Maibit Wetan
b. Dusun Maibit Kulon
4. Jumlah Penduduk : 3938 Jiwa
5. Jumlah Penduduk berdasarkan jenis kelamin:
a. Laki-laki :1907
b. Perempuan : 2031
6. Jumlah Penduduk berdasarkan mats pencaharian :
a. petani : 587 jiwa
b. buruh tani : 2.080 jiwa
c. PNS : 30 jiwa
d. TNI/POLRI : 18 jiwa
e. Pensiunan : 15 jiwa
f. tukang batu : 40 jiwa
g. tukang kayu : 27 jiwa
h. wira swasta : 17 jiwa
i. Lain-lain : 1.124 jiwa


8
7. Jumlah Penduduk berdasarkan pendidikan :
a. Tamatan SD/MI : 392 jiwa
b. Tamatan SLTP/MTs : 1.380 jiwa
c. Tamatan SLTA/MA : 1.355 jiwa
d. Tidak sekolah : 162 jiwa
8. Fasilitas Pendidikan
a. Taman kanak-kanak : 2 unit
b. SD/MI : 2 unit
c. SLTP/MTs : 1 unit
d. SLTA/MA : 1 unit
e. Non formal / Pon-Pes : 7 unit
9. Fasilitas Kesehatan
a. Rumah sakit : - unit
b. Puskesmas : - unit
c. Polindes : - unit
10. Fasilitas Keagamaan
a. Masjid : 2 unit
b. Musholla : 17 unit
11. Fasilitas umum
a. Pasar desa : 1 unit
b. MCK umum : 5 unit
c. Lapangan bola voly : 2 unit
d. Lapangan sepak bola : 1 unit
e. Lapangan bulu tangkis : 1 unit
f. Tempat pemakaman umum : 2 lokasi
9
12. Fasilitas Pemerintahan
a. Balai Desa : 1 unit
b. Kantor Kades : 1 ruang
c. Kantor Sekdes : - ruang
d. Kantor Perangkat Desa : 1 ruang
e. Panti PKK : 1 ruang
f. Kantor BPD : 1 ruang
g. Kantor LPMD : 1 ruang
12. Sumber Daya Alam
a. Sumber air
b. Tambang batu
c. Bumi perkemahan
d. Lahan parsawahan
e. Ladang / tegalan
f. Tegal pangonan ( binaan perhutani )












10
BAB II

RENCANA DAN REALISASI PROGRAM KEGIATAN


A. RENCANA PROGRAM KEGIATAN

Dalam pelaksanaan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kami selenggarakan molai tanggal 5 agustus 2009 s/d tanggal 14 agustus 2009
Kali ini kami meremcanakan pokok – pokok program kerja yang meliputi kegiatan : pendidikan, dan pengabdian. Adapun rencana program kami sebagai berikut :


No Tanggal Jam Materi Kegiatan Tempat dan sasaran Penaggung Jawab
1 05-08-2009 14.30 Pembinaan tentang pentingnya peran Ibu dalam tumbuh kembang AUD. Balai desa Maibit
2 06-08-2009 14.30 Bimbingan pada anak TPQ dan pemberian kenang kenangan TPQ Darussalam
3 07-08-2009 09.00 Pembinaan pada PAUD dan pemberian kenang kenangan PAUD Bina Insani
4 08-08-2009 13.30 Mengikuti Gerak Jalan dalam rangka HUT RI 64 Sendang Maibit
5 09-08-2009 19.30 Mengikuti Kegiatan rutin jamaah Tahlil dan Yasin TK Al Hidayah
6 10-08-2009 09.30 Mengikuti POSYANDU Balita dan Lansia Rumah Kaur Kesra
7 11-08-2009 13.30 Berpartisipasi dalam acara Karnaval tingkat TK / RA Lapangan Bahagia
8 11-08-2009 08.00 Lomba vocal tingkat TK/RA Pendopo Kecamatan
9 12-08-2009 11.30 Ramah tamah dengan Pemerintah desa dan pemberian kenang kenangan Balai Desa Maibit
10 13-08-2009 08.00 Sosialisasi senam Sehat Ceria TK Al Hidayah
11 14-08-2009 08.00 Bermain bersama murid TK TK PGRI

Maibit, 02 Agustus 2009-09-04


Ketua Kelompok





( LILIK SULIKATIN )
11
B. REALISASI PROGRAM KEGIATAN
Untuk mewujudkan / merealisasikan program kegiatan kami, maka dalam melaksanakan program kegiatan KKN ini kami telah bekerja sama dengan berbagai pihak baik dari pihak Pemerintah Desa Maibit, meliputi Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama dan juga bekerja sama dengan berbagai Lembaga Pendidikan yang ada di Desa Maibit. Sehingga kami dapat merealisasikan rencana – rencana program kegiatan KKN kami dengan hasil sebagai berikut :

1. Bidang Pendidikan dan Penyuluhan
Dalam bidang pndidikan dan penyuluhan ini, program kegiatan yang dapat kami laksanakan adalah :
a. Memberikan Pembinaan dan penyuluhan pada Ibu-ibu PKK tentang pentingnya peran Ibu dalam tumbuh kembangnya Anak Usia Dini ( AUD ) bertempat di Balai Desa Maibit pada Tanggal 05 Agustus 2009. dan mendapatkan respon positif dari Ibu-ibu PKK.
b. Memberikan bimbingan pada anak TPQ dan Diniyah Darussalam tentang tata cara membaca ayat-ayat suci al Qur’an pada tanggal 6 agustus 2009 jam 14.30 yang di hadiri oleh anak-anak didik / santri TPQ Darussalam, dan memberikan kenang-kenangan berupa buku tulis dan jilbab. Hasilnya juga memuaskan
c. Bermain bersama anak-anak TK Al Hidayah pada tanggal 14 agustus 2009 jam 08.00 dengan materi permainan petak umpet, dengan tujuan meningkatkan kemapuan fisik motorik kasar anak, dengan hasil memuaskan.
d. Memberikan bimbingan pada anak usia dini PAUD Bina Insani dan memberikan kenang-kenangan, dan mendapatkan tanggapan positif
e. Mensosialisasikan senam sehat ceria di TK Al Hidayah. Dan mendapat respon positif.
12

2. Bidang pengabdian Masyarakat
a. Mengikuti kegiatan Tahlil dan Yasin yang di selenggarakan oleh jama’ah tahlil dan Yasin jama’ah Al Hidayah. Pada tanggal 9 agustus 2009 jam 19.3 bertempat di TK Al -Hidayah Maibit
b. Berpartisipasi dalam rangka Harim Ulang Tahun ( HUT ) Republik Indonesia dengan mengikuti Gerak Jalan Umum yang diselenggarakan oleh panitia HUT Kecamatan Rengel pada tanggal 08 agustus 2009 jam 14.00 start dari Sendang Maibit dan finish di depan Kantor Mecamatan Rengel. dengan hasil memuaskan
c. Berperan serta dalam memberikan layanan POSYANDU yang diadakan oleh bidan desa bersama Ibu-ibu PKK pada tanggal 10 agustus 2009 jam 09.30 bertempat di rumah Bapak H. Noor Hadi ( Kaur Kesra ), yang tujuan memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat desa, dengan sasaran para Balita dan Lansia. Dan disambut baik oleh warga masyarakat Maibit.
d. Berpartisipasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ( HUT ) Republik Indonesia dengan mengikuti acara karnaval tingkat TK yang diselenggarakan oleh panita HUT Kecamatan Rengel pada tanggal 11 agustus 2009 jam 14.00 s/d 17.00. dan berjalan dengan sukses.
e. Berperan serta dalam pelaksanaan lomba vocal tingkat TK/RA dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang dilaksanakan pada tanggal 12 agustus 2009 jam 08.00. dengan hasil yang memuaskan




13

Untuk melaksanakan semua kegiatan tersebut di atas diperlukan anggaran dana guna mewujudkan semua program-program yang telah kami rumuskan, dan untuk mendapatkan dana tersebut kami mencoba mengadakan iuran dari peserta KKN dengan nominal sebagai berikut : masing-masing dari peserta KKN kami kenakan iuran sebesar @ Rp. 60.000,- X 11 Orang, sehingga total dana yang kami peroleh sebesar =Rp. 660.000,-
Adapun penggunaan / pengalokasian dana tersebut kami gunakan untuk mendanai berbagai kegiatan untuk mewujudkan program kerja tersebut diantaranya :
1. untuk menunjang kegiatan PKK kami mengeluarkan dana sebesar : Rp. 100.000
2. Pembelian buku-buku untuk kenang-kenangan : Rp. 28.000
3. pembelian biscuit untuk pelaksanaan POSYANDU : Rp 27.000
4. pembelian tempat sampah untuk kenang-kenangan Balai Desa : Rp 50.000
5. pengadaan gambar crayon untuk PAUD : Rp. 28.000
6. Dokumentasi : Rp. 108.000
7. pembelian jilbab untuk kenang-kenangan anak TPQ : Rp. 100.000
8. Lain-lain : Rp. 219.000
Total pengeluaran : Rp 660.000












14
BAB III
PENUTUP

Sega puji dan syukur ke hadlirat Allah SWT. Yang telah memberikan Ni’mat Rahmat dan Hidayahnya, sehingga penyusunan laporan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bisa terlaksana dengan baik, akan tetapi kami menyadari bahwa laporan yang kami susun ini masih sangat sederhana dan masih banyak kekuranganya, oleh karna itu kiranya kritik dan saran sangat kami harapkan, demi kesempurnaan laporan ini.
Meskipun penyusunan laporan ini masih kurang sempurna, kami berharap isi dari laporan kegiatan ini bisa di jadikan bukti pelaksanaan program kegiatan Kuliah Kerja Nyata kami dan membawa manfaat, dan sekaligus sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan bermasyarakat dimasa yang akan datang.
Oleh karena itu kami mengharapkan kerja sama yang baik dari semua pihak, agar kerja keras kami selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata kami bisa terlaksana dengan hasil yang baik, bermanfaat dan sekaligus dapat memberikan konstribusi pada dunia pendidikan.
Dan ahirnya kami selaku penyusun laporan ini apabila dalam melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kami selama ini, dan dalam penyusunan laporan ini ada ada hal-hal yang kurang berkenan kami selaku penyusun memohon maaf yang sebesar besarnya





15
A. Kesimpulan

Dari program kegiatan yang ada alhamdulillah kami telah berhasil melaksanakan beberapa kegiatan antara lain : kami telah berhasil memberikan penyuluhan pada para ibu PKK tentang pentingnya pendidikan untuk anak-anak kita,,memberikan bimbingan pada santri santri TPQ dan Diniyah, pembinaan pada anak – anak usia dini (AUD), mengikuti gerak jalan, karnafal, lomba vocal dalam rangka HUT RI ke 64, dan kami juga telah mensosialisasikan senam sehat cara dan mengajak bermain pada anak-anak usia TK.
Adapun program kegiatan yang tetap harus dilaksanakn oleh masyarakat Desa Maibit tampa kehadiran peserta KKN adalah kegiatan-kegiatan rutin seperti POSYANDU kegiatan PKK dan kegiatan jamaah Tahlil / Yasin.

B. Rekomendasi
1. Perlu adanya Dosen pembimbing di lapangan agar pelaksanaan KKN hasilnya lebih maksimal.
2. Program kegiatan yang di adakan oleh Akademik sejenis KKN di harapkan senantiasa di pertahankan untuk mempraktekkan apa yang selama ini di dapat dari bangku kuliah.
3. Perlu adanya dukungan seponsor yang bersifat tidak mengikat dari berbagai pihak untuk menunjang pendanaan dalam pelaksanaan KKN.
4. Diharapkan kepada segenap masyarakat Desa Maibit untuk melanjutkan program yang telah dirumuskan oleh peserta KKN, adapun dalam pelaksanaannya belum terealisasi, dan diharapkan semua yang telah dilakukan oleh peserta KKN membawa manfaat untuk warga Desa Maibit.
Maibit, 20 Agustus 2009
Ketua Sekretaris


( LILIK SULIKATIN ) ( SOKHIKHATUZ ZAHRO ).

16
LAMPIRAN – LAMPIRAN :
A. Biodata peserta KKN Kelompok I

BIODATA PESERTA KULIAH KERJA NYATA (KKN)
KELOMPOK I MAHASISWA PG PAUD UNIROW TUBAN
TAHUN AKADEMIK 2009/2010


1. Nama : LILK SULIKATIN
TTL : Tuban, 15 September 1968
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Ketua
Unit kerja : TK Al Hidayah Kebon Agung
Alamat : Maibit Rengel Tuban

2. Nama : SOKHIKHATUZ ZAHRO
TTL : Tuban, 31 Juli 1977
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Sekretaris
Unit kerja : TK Al Hidayah Maibit
Alamat : Maibit Rengel Tuban

3. Nama : SITI AMINAH
TTL : Tuban, 07 Oktober 1982
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Bendahara
Unit kerja : TK Mambaul adhim Kanor
Alamat : Sumber Rejo Rengel

4. Nama : S U N A R T I (A)
TTL : Tuban, 05 Juli 1973
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK PKK Bulu Rejo
Alamat : Bulu Rejo rengel

17

5. Nama : NASRIPAH
TTL : Tuban, 26 Agustus 1969
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK Al Hidayah Kebon Agung
Alamat : Kebon Agung

6. Nama : S U N A R T I (B)
TTL : Tuban, 14 Juni 1976
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK PKK Bulu Rejo
Alamat : Bulu Rejo Rengel

7. Nama : NUR AENI
TTL : Tuban, 15 november 1967
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK PGRI Bulu Rejo
Alamat : Sumber Rejo Rengel

8. Nama : SUMIYATUN
TTL : Tuban, 05 April 1966
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK PGRI Bulu Rejo
Alamat : Bulu Rejo




18


9. Nama : ZULFATIN NI’AMAH
TTL : Tuban, 04 Oktober 1974
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK Al Hidayah Maibit
Alamat : Maibit Rengel Tuban


10. Nama : SITI MUFIDAH
TTL : Tuban, 18 Desember 1987
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK PGRI Maibit
Alamat : Maibit Rengel Tuban


11. Nama : S U G I A T I
TTL : Tuban, 12 Maret 1971
Jurusan : PG PAUD
Jabatan : Anggota
Unit kerja : TK PGRI Maibit
Alamat : Maibit Rengel Tuban










19

KEGIATAN KARNAVAL DALAM RANGKA HUT RI 64



KEGIATAN KARNAVAL DALAM RANGKA HUT RI 64
26



FOTO BERSAMA TEAM GERAK ,JALAN PKK MAIBIT


FOTO BERSAMA TEAM GERAK ,JALAN PKK MAIBIT

24



KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PAUD BINA INSANI MAIBIT



KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PAUD BINA INSANI MAIBIT

22


KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TPQ DARUS SALAM




KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TPQ DARUS SALAM
21

KEGIATAN PEMBINAAN PADA IBU-IBU PKK




KEGIATAN PEMBINAAN PADA IBU-IBU PKK

20




KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PAUD BINA INSANI MAIBIT



KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PAUD BINA INSANI MAIBIT

22



KEGIATAN POSYANDU DLM PEMBERIAN GIZI PADA BALITA




KEGIATAN POSYANDU DLM PEMBERIAN GIZI PADA LANSIA
25




FOTO BERSAMA KADES DAN PERANGKAT DESA MAIBIT



PENYERAHAN KENANG-KENANGAN PADA KADES MAIBIT
27


MENGIKUTI GERAK JALAN DALAM RANGKA HUT RI 46




FOTO BERSAMA PANITIA LOMBA VOCAL TINGKAT TK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar